PASAR OTOMOTIF INDONESIA STAGNAN DI TAHUN POLITIK 2019

PLATDR.MEDIA – Tahun 2019 sudah didepan mata. para pelaku industri mobil indonesia tentu sudah menyiapkan berbagai strategi dalam memasarkan produk mereka di tahun politik 2019 mendatang. Berdasarkan data Gaikindo, industri otomotif Indonesia per November 2018 sukses memasarkan 1,063,464 unit mobil. sedabgkan di sektior roda dua, berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang periode Januari-November 2018, distribusi ke diler (wholesales) telah mencatatkan angka sebanyak 5.929.930 unit.

Meskipun demikian kondisi pasar tahun depan tidak bisa ditebak dengan mudah seperti yang terjadi pada tahun ini, ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dan melonjak dolar terhadap Rupiah. Menjaga penjualan tetap tinggi dari tahun ke tahun tentu bukan hal yang mudah. Seperti yang dikatakan Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, “Bulan Januari 2019 pasti akan ada penyesuaian harga mobil Daihatsu, salah satu alasan adalah perubahan BBN.”

Banyak faktor lain yang juga akan menentukan transaksi penjualan seperti perubahan sistem pajak dan nilai tukar dollar terhadap rupiah. PDB per kapita masyarakat Indonesia yang masih kecil juga disinyalir berpengaruh terhadap penjualan mobil di Indonesia. PDB per kapita Indonesia tahun 2018 berada pada angka Rp 51,89 juta atau setara US$ 3.876,8.

Bob Azzam selaku Director Administration, Corporate, & External Affair PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan “Tahun depan sebenarnya tidak ada yang akan berubah signifikan. Yang penting optimis ekonomi dijaga. Ini agar orang tetap mau beli mobil.” Menurut Bob, kondisi seperti itu juga yang diharapkan semua pelaku ekonomi di Indonesia. Kondisi seperti kenaikan suku bunga, likuiditas yang ketat akan dihadapi. “Jadi proyeksi kita, tahun depan produksinya sama dengan tahun ini. Mempertahankan pun sudah dihitungnya bagus,” ucap Bob.

Tak jauh beda dengan indiustri rida dua, Penjualan kendaraan roda dua tahun depan, diprediksi tidak akan banyak berubah dari yang terjadi pada tahun ini. Menurut Sekjen AISI, Hari Budianto, penjualan di tahun depan berkisar 6,2 juta hingga 6,3 juta unit.

ReadNRide_platdr.media@2018

Related posts

Leave a Reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *