JANGAN LAKUKAN HAL INI SAAT MENCUCI MOTOR KESAYANGAN

PLATDR.MEDIA – Memiliki motor yang bersih tak hanya enak dipandang Sob, tapi juga membuat performanya jadi lebih enteng. Mengapa? Karena lumpur-lumpur yang menghambat laju kendaraan luruh saat motor dicuci. Tapi, ada sejumlah pantangan yang wajib diperhatikan saat mencuci motor Sob, Mau tau? Yuk, kita simak.

1. Jangan mencuci motor saat mesin masih panas
Air dan panas bukanlah kawan baik. Sebagaimana kita ketahui pada pelajaran fisika dasar bahwa logam akan memuai ketika panas dan akan kembali pada bentuk semula saat dingin. Inilah yang perlu diperhatikan saat mencuci motor. Dalam buku manual, disarankan bahwa pemilik motor untuk tidak menyiram mesin atau knalpot yang masih panas. Dalam kasus ekstrim, kondisi ini bisa membuat blok mesin retak dan kerusakan pada krom dan lapisan nikel. Sehingga, ketika ingin mencuci, biarkan motor suhu motor dingin.

2. Jangan menggunakan air semprotan bertekanan tinggi.
Ini akan merusak bagian-bagian sepeda motor yang bergerak dan komponen kelistrikan. Sehingga bisa menyebabkan komponen tersebut tidak berfungsi.

3. Jangan arahkan semprotan air ke dalam knalpot.
Jika sampai air masuk ke dalam knalpot, maka skuter tidak dapat dihidupkan. Lebih dari itu, akan menimbulkan karat pada bagian dalam knalpot.

4. Jangan mengarahkan air ke saringan udara.
Keberadaan air pada saringan udara, dapat menyebabkan mesin juga tidak bisa dihidupkan.

5. Jangan arahkan air ke sekitar lampu depan.
Ini akan menyebabkan pengembunan. Namun embun pada lampu depan tersebut semestinya bisa hilang setelah menyalakan lampu depan, pada posisi sinar lampu jauh dalam beberapa menit, sambil menghidupkan mesin.

6. Jangan menggunakan wax atau bahan pemoles pada permukaan body yang dicat dengan jenis matte (doff).
Gunakan saja kain lembut atau spons, air yang banyak, dan detergen ringan untuk membersihkan permukaan yang dicat jenis doff. Kemudian baru keringkan dengan kain halus dan bersih.

READNRIDE @PLATDR 2018

Related posts

Leave a Reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *