CAT KUSAM? CARI TAU PENYEBABNYA!

Cat motor kusam atau dekil tentu mengganggu penampilan kendaraan. Banyak orang mengasumsikan jika kendaraan yang bersih atau resik akan menggambarkan karakter si pemiliknya. Tak heran jika kemudian pemilik berusaha melakukan perawatan kendaraannya, termasuk dalam urusan cat sepeda motor. Mau tau apa saja yang dapat membuat cat motor kita menjadi kusam? Berikut penjelasanannya Sob.


1. Sering Dijemur Terik Matahari

Kejadian ini biasa terjadi dari penempatan parkir motor di tempat yang terbuka. Panas dari sinar matahari sangat berpengaruh pada pudarnya warna cat motor, apalagi parkirnya berlangsung lama sampai bejam-jam. Radiasi sinar ultraviolet (UV) yang ada di terik matahari mampu mendekonstruksi lapisan cat, yang mengakibatkan warna cat motor menjadi kusam, pudar, atau menguning.

Solusi:
Parkirkan motor kesayangan Anda di tempat yang teduh atau tertutup. Anda juga dapat menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesori sepeda motor.

2. Debu Yang Menumpuk
Debu yang terlalu lama melekat di bodi akan membuat daya kilap plastic semakin berkurang. Jangan anggap sepele, debu yang menebal di bodi motor dapat berakibat bodi motor cepat baret-baret. Partikel halus pengganggu yang hampir selalu hinggap di motor ini juga bisa membuat keindahan warna motor terganggu.

Solusi:
Luangkan waktu untuk mencuci motor kesayangan Anda. Jangan mengelap debu langsung dengan lap kering, karena lap kering hanya menyebabkan baret-baret tipis di permukaan bodi. Lebih baik lap dengan kain microfiber (kanebo) serta biasakan langsung membasuh debu dengan air supaya partikel lembut tersebut luntur dari bodi.

3. Terkena Air Hujan
Untuk daerah perkotaan, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam yang akan berpengaruh ke warna cat motor. Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilap cat motor. Terlebih lagi zat ini dapat mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis.

Solusi:
Memang sulit terhindarkan air hujan ini. Selalu bilas motor yang telah terkena air hujan dengan air bersih dan jangan sampai menundanya.

READNRIDE @PLATDR 2018

Related posts

Leave a Reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *